Seperti Inilah Resep Nastar dan Cara Membuatnya Yang Harus Bunda Ketahui


Sudah menjadi rahasia umum, bahwa nastar merupakan salah satu jenis kue kering yang selalu tersaji pada saat hari-hari raya besar tiba seperti Idul Fitri, natal, tahun baru, imlek, dan lain sebagainya. Menurut informasi yang di dapat, nama nastar itu sendiri berasal dari bahasa Belanda yakni “ananas & taart”. 
instagram.com/gatotdwicahyantoro
 Ketika di zaman penjajahan Belanda dulu, kue nastar ini hanya dapat dinikmati oleh kalangan bangasawan saja. Seiring dengan berjalannya waktu, kue nastar pun dapat dinikmati oleh siapa saja. 
Namun berbeda dengan nastar yang sering kita jumpai, dimana nastar pada saat itu diisi dengan selai blueberi, selai apel, selai strowberi, dan lain sebagainya. Dikarenakan pada waktu itu sulit ditemukan dan harganya mahal, maka masyarakat Indonesia menggantinya dengan selai nanas. 
Tak hanya itu saja, terjadi pula perubahan bentuk pada kue nastar yang menjadi bulat-bulat berukuran kecil. Mengingat cara membuat nastar ini terbilang cukup mudah, maka banyak masyarakatnya yang membuat kue nastar dengan tangan sendiri. 
Bahkan, tak sedikit pula masyarakat yang menjual kue nastar terutama menjelang hari raya tiba. Meskipun cara membuatnya cukup mudah, namun bukan berarti juga bahwa kita harus asal-asalan dalam membuatnya. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang resep kue nastar dan cara membuatnya, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini.
* Resep Kue Nastar *
Bahan-bahan Utama :
- 150 g margarine
- 100 g butter
- 450 gram
- 50 g susu bubuk
- 1 sdt garam
- 100 g gula pasir halus
- 2 butir telur (putih telurnya saja)
- 1 sdm tepung maizena
Bahan-bahan Selai :
- 2 buah nanas
- 150 g gula pasir
- 3 butir cengkeh
- 2 potong kayu manis
- ½ sdt garam
Bahan Olesan :
- Kuning telur
- 1 sdm susu kental manis putih
Cara Membuat :
* Siapkan wadah lalu masukkan margarine, butter, dan gula halus, lalu aduk dengan menggunakan wiskh hingga warnanya menjadi putih. Selanjutnya masukkan telur, aduk kembali hingga rata, kemudian masukkan tepung terigu yang sudah dicampur dengan maizena dan susu, sambil diayak dan diaduk-aduk lagi.
* Untuk membuat selai nanasnya, kupas buah nanas dan bersihkan, kemudian parut sampai lembut. Jika sudah diparut, masukkan nanas tersebut kedalam wajan, masak sampai kadar airnya menyusut, kemudian masukan kayu manis dan cengkeh kedalamnya.
* Jika sudah agak menyusut, silahkan masukkan gula pasir sambil di aduk-aduk terus, kemudian beri sedikit garam dan tunggu hingga kering. Dalam hal ini, anda harus terus mengaduk-aduk adonan selai nanasnya agar tidak gosong!
* Jika selai nanasnya sudah matang, matikan api kompornya dan tunggu hingga dingin.
* Ambil sedikit adonan, taruh pada telapak tangan, gepengkan, isi dengan selai nanas di bagian tengahnya, lalu bulatkan. Lakukan cara tersebut secara berulang hingga adonannya habis.
* Panaskan oven , olesi loyangnya dengan menggunakan margarine, kemudian masukkan adonan selama 15 menit. Keluarkan adonan sebentar sambil diolesi dengan campuran kuning telur dengan susu,  lalu panggang lagi kedalam oven sampai matang. Setelah matang, olesi bagian atasnya dengan coklat leleh, dan tunggu beberapa saat hingga coklatnya mengeras.
Seperti itulah resep nastar beserta cara membuatnya, yang tentu saja harus kamu coba sendiri dirumah.

Posting Komentar

0 Komentar