Mengerjakan Soal UN SMA Sambil Main HP

Hai teman-teman kelas 3 SMA yang sebentar lagi akan berjuang melewati masa Ujian Nasional. Gimana nih persiapan kalian sejauh ini? Udah percaya diri belum untuk soal UN SMA nanti?

Menurut aku banyak hal yang perlu kita persiapkan dalam menghadapi Ujian Nasional, dan salah satu yang paling utama adalah memperbanyak latihan soal ujian. Hal ini menjadi faktor penting yang akan membantu kita memahami model soal ujiannya. Semakin banyak teman-teman mengerjakan soal ujian, maka semakin banyak pemahaman teman-teman akan model soal yang mungkin keluar di soal UN SMA.

Selain paham model soalnya, tentunya kalian juga bisa paham bagaimana cara mengerjakan soal-soal tersebut. Terutama untuk mata pelajaran Matematika yang cara penyajian soalnya sangat beragam. Selain itu latihan soal ujian juga akan membantu teman-teman dalam mengingat kembali materi-materi pelajaran.

Biasanya latihan soal ujian ini bisa kita dapatkan dari guru di sekolah ataupun dari buku kumpulan soal Ujian Nasional yang banyak beredar di toko buku. Namun ketika mengerjakan soal yang diberikan oleh guru, itu terkadang tidak dilengkapi dengan pembahasannya. Jadi harus menunggu soal tersebut dibahas langsung secara bersama-sama di kelas untuk mengetahui hasil yang kita kerjakan.

Berbeda dengan itu, buku kumpulan soal UN SMA justru dilengkapi dengan pembahasan atas soal-soalnya. Hanya saja harga buku tersebut kadang bisa terbilang cukup mahal. Belum lagi kalau mengerjakan soal di buku, itu artinya kita harus siap membawa buku yang beratus-ratus halaman itu jika kita mau mengerjakannya di luar rumah.

Hal seperti ini dapat dipastikan akan membuat teman-teman semua berpikir ulang ketika mau mengerjakan soal UN SMA di suatu tempat yang mungkin lebih seru dibandingkan kamar kalian. Misalnya kafe atau perpustakaan. Padahal menurut aku mengerjakan soal ujian di rumah atau di sekolah sering kali dapat membuat kita jenuh, dan kita butuh tempat lain untuk mencari suasana baru yang menyenangkan dan membangkitkan semangat belajar kita.

Nah buat teman-teman yang memiliki keinginan untuk bisa mengerjakan latihan soal ujian di mana pun dan kapan pun, aku di sini bisa memberikan satu solusi yang menurut aku sangat ampuh untuk memenuhi keinginan tersebut.

Jadi apa sih solusinya? Solusinya adalah main HP. Kalian pasti bingung kan kenapa malah main HP untuk belajar? Nah main HP yang aku maksud di sini adalah menggunakan HP kalian untuk mengakses aplikasi Ruangguru, bukan buat mengakses PUBG atau Mobile Legend ya hahahah

Aplikasi Ruangguru yang merupakan aplikasi bimbingan belajar online ini menyediakan banyak paket soal Ujian Nasional dari tahun-tahun sebelumnya. Kelebihannya kira-kira begini:

Penyajian soal-soal dalam aplikasi ini juga mirip dengan penyajian soal simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer. Di mana kita hanya bisa mengerjakan soal satu kali saja, dan ketika jawaban kita dikumpulkan atau waktu pengerjaannya habis maka kita tidak bisa lagi mengulang pengerjaan soal tersebut.

Setiap menyelesaikan soal Ujian Nasional ini, kita akan langsung mendapatkan nilai kita, dan juga bisa melihat pembahasan atas soal-soal tersebut. Bahkan kita akan mendapatkan analisis atas kekuatan dan kelemahan kita dari topik-topik dalam ujian itu. Sehingga ini bisa menjadi pedoman kita untuk memahami materi pelajaran apa yang paling perlu kita perdalami lagi.

Kita bisa mengakses aplikasi ini di mana dan kapan saja. Karena aplikasinya ada di HP kita masing-masing. Jadi kalau kamu mau mengerjakan latihan soal di kafe, di perpustakaan, atau bahkan di pinggir pantai sekalipun sudah bisa kalian lakukan.

Oh iya, untuk mengakses aplikasi ini juga cukup kalian download di Play Store ya, kemudian tinggal ikuti langkah-langkah untuk memiliki akunnya. Setelah kalian memiliki akun, kalian bisa langsung berlangganan dan langsung bisa mengakses semua produk yang dimiliki oleh Ruangguru, terutama mengakses soal-soal Ujian Nasional seperti gambar dibawah ini.

Nah, selamat mencoba dan semangaat mempersiapkan diri untuk Ujian Nasionalnya ya

Posting Komentar

0 Komentar