Relawan Unicorn luncurkan Klontonk dan KongkowID

Relawan Unicorn hadir untuk memudahkan para pelaku UKM dan UMKM menyasar targetnya. Kehadirnya diharapkan mampu menjadi jembatan atas produk-produk yang dihasilkan agar dapat dinikmati masyarakat luas.

Produk yang dimaksud adalah Klontonk dan KongkowID dimana keduanya berbasis teknologi internet yang akan memfasilitasi dan mempermudah ruang gerak pelaku usaha di tanah air. Pernyataan tersebut di ungkapkan Yongky Jonacta yani yang tak lain adalah ketua Relawan Rumah Jokowi beberapa waktu lalu.  

Adapun awal mula penggunaan Unicorn ini pada debat kedua pilpres dimana kala itu Calon Preiden Joko Widodo mengangkat isu unicorn. Tak perlu waktu lama istilah unicorn pun kian viral.

Bila saat ini Indonesia baru memiliki 4 startup unicorn mulai Go-Jek, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak tapi tak menutup kemungkinan untuk terus bertambah. Meningkatnya jumlah unicorn ini diharapkan akan meningkatkan jumlah angkatan kerja.

Unicorn itu sendiri adalah julukan bagi start up atau perusahaan rintisan dengan aset di atas US$ 1 miliar atau setara Rp14,1 triliun (kurs Rp14.100 per US$). Bisa dibayangkan bukan kekuatan mereka untuk menyerap tenaga kerja.

Selain itu dari Klontonk dan KongkowID sendiri diharapkan mampu menyerap jumlah tenaga kerja hingga 38 ribu yang tersebar di seluruh Indonesia. Mereka yang akan terlibat tak hanya pelaku usaha saja tapi melibatkan tenaga marketing. 

Relawan Unicorn ini tak hanya memberikan pendampingan usaha semata. Namun juga akan berupaya membantu masalah permodalan dengan melibatkan dunia perbankkan ataupun lembaga keuangan.

Relawan ini mayoritas adalah para profesional muda yang berasal dari Komunitas Profesional Peduli Keuangan (KPPTK). Komunitas ini pada tanggal 13 Februari 2019 bertempat di Bursa Efek Indonesia menggelar Seminar Nasional Teknologi dan Inovasi untuk Masa Depan Keuangan Islam.

Acara yang dibuka Menkominfo, Rudiantara ini menggandeng KH.Ma'ruf Amin sebagai Keynote Speaker yang dikenal sebagai pakar atau ahli dalam dunia perbankkan syariah.

Berbekal pertemuan tersebut kemudian tercetus Relawan Unicorn yang ingin turut serta memberi solusi untuk masalah bangsa. Penasaran dengan sepak terjang Klontonk dan KongkowID silakan kunjungi situsnya dan silakan turut andil untuk kemajuan dunia usaha tanah air.

Posting Komentar

0 Komentar